GEJALA SERTA PENYEBAB PENYAKIT JANTUNG YANG MUDAH DIKENALI

TANDA GEJALA SERTA PENYEBAB PENYAKIT JANTUNG YANG MUDAH DIKENALI

gejala penyakit jantung


Gejala serta penyebab penyakit jantung yang mudah dikenali, Penyakit jantung kini semakin banyak saja kasus yang terjadi di Indonesi, tak jarang penderitanya harus meninggal dunia. Baik itu akibat kurangnya perhatian terhadap kesehatan karena gaya hidup yang salah atau karena mereka tidak menyadari tanda serta gejala awal dari penyakit ini.

Memang jika untuk kaum awam seperti kita susah mengetahui tanda serta gejala untuk penyakit yang satu ini. Nah berikut ini saya akan bagikan tips bagaimana mengetahui tanda gejala penyakit jantung serta apa saja yang menjadi penyebabnya. Informasi ini saya peroleh dari beberapa situs terkenal di Indonesia serta luar negeri, dan sudah saya edit sedikit agar lebih mudah dipahami oleh orang awam seperti kita ini.

TANDA GEJALA PENYAKIT JANTUNG

  • Mudah merasa lelah
  • Mudah berkeringat
  • Sering merasa mual yang berlebih
  • Mudah cemas dan tegang
  • Nyeri pada organ tubuh 
  • Nyeri pada dada
  • Sering sakit kepala
  • Denyut jantung tidak teratur
  • Mudah sesak nafas
  • Pembengkakan pada kaki dan perut 

Selain tanda gejala dari penyakit jantungnya sendiri,  saya juga menemukan sebuah artikel yang memuat tentang tanda atau gejala dari serangan penyakit jantung itu sendiri. Nah berikut ini merupakan tanda gejala dari serangan penyakit jantung.

Tanda gejala yang timbul pada pria dan wanita biasanya berbeda, pada pria cenderung tanda awalnya adalah kebotakan rambut serta terganggunya sistem fungsi seksualnya. Nah berikut ini akan saya rangkumkan beberapa tanda gejalanya :

GEJALA SERANGAN JANTUNG

  • Merasa sakit pada bagian belakang tulang dada, rasanya sama seperti sesak dada.
  • Nyeri pada dada biasanya berulang dalam jangka waktu 20 menit hingga lebih.
  • Nyeri dada yang dirasa bisa berasal dari tekanan yang terjadi pada bagian dada serta leher serasa di cekik, dan biasanya akan menimbulkan keringat dingin.
  • Mudah pingsan, ini dikarenakan terjadinya gangguan pada irama detak jantung.

Setelah di atas kita membahas mengenai apa saja TANDA GEJALA PENYAKIT JANTUNG & SERANGAN JANTUNG, kini kita akan beralih ke penyebab terjadinya penyakit jantung itu sendiri. Berikut ini merupakan beberapa penyebabnya.

PENYEBAB PENYAKIT JANTUNG


Penyakit tekanan darah tinggi

Penyakit jantung seperti bersahabat dengan penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.  Dari setiap dua kasus penyakit jantung yang menimbulkan kematian, penyakit hipetensi ini menjadi pemicunya. Jika anda mempunya darah tinggi sebaiknya rutin 3 kali dalam setahun untuk cek ke dokter, mengenai masalah jantung anda.

Tingginya kadar kolesterol dalam darah

Setelah tekanan darah tinggi, kini kolesterol yang menjadi nomer duanya. Dalam beberapa kasus serangan penyakit jantung, di indikasikan jika terjadinya serangan jantung dikarenakan kadar kolesterol dalam darah terlalu tinggi. Kolesterol tinggi di dalam darah dapat memicu pembentukan plak pada pembuluh darah, sehingga menyebabkan pasokan darah menjadi tidak normal, yang berkemungkinan menyebabkan gagal jantung.

Faktor usia serta jenis kelamin

Pada usia muda memang resiko nya akan semakin kecil, namun jika sudah mencapai usia di atas 65 tahun biasanya seseorang akan mudah terkena penyakit jantung. Penyakit jantung lebih sering ditemukan pada pria ketimbang wanita.

Faktor keturunan serta menderita penyakit kronis

Jika seseorang memiliki orang tua yang mempunyai riwayat hidup menderita penyakit jantung, maka kemungkinan besar dia juga berpeluang sama dengan orang tuanya. Selain hal tersebut, ada satu hal lagi yakni seseorang yang mengidap diabetes serta obesitas lebih berpeluang terkena penyakit jantung ketimbang orang lain yang tiadak.

Life style atau gaya hidup

Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, mengkonsumsi alcohol, tidak mengatur pola makan, tidur yang tidak teratur dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung ini.
Jadi sebaiknya lebih perhatianlah pada kesehatan anda, usahakan makan makanan yang sehat,atur pola makan, olahraga yang teratur. Maka niscaya anda akan terhindar dari penyakit – penyakit berbahaya seperti ini.